Antisipasi Tawuran Ratusan Pelajar SMA dan SMK Lakukan Ikrar Perdamaian

Beritaline.Wordpress.com – Para siswa yang mewakili 200 sekolah SMA dan SMK se Jakarta Barat mendeklarasikan “ Tawuran No, Prestasi Yes“ dalam acara Ikrar Pelajar Jakarta Barat tersebut digelar di Ruang M.Husni Thamrin gedung B kantor Walikota Jakarta Barat, Rabu (7/11).

Ikrar yang diikuti 400 siswa SMA dan SMK se Jakarta Barat itu diawali dengan tayangan rekaman video terjadinya aksi tawuran antar pelajar di ibukota termasuk yang terjadi di wilayah Jakarta Barat dan pengarahan yang disampaikan Kapten Inf. Michael Arbol Danramil Kebon Jeruk Jakarta Barat.

Kebulatan tekad yang diikrarkan pelajar Jakarta Barat itu menyatakan :” Kami pelajar Jakarta Barat berikrar : 1. Menolak dengan tegas segala bentuk kekerasan yang dapat menghancurkan moral bangsa. 2. Menjunjung tinggi perdamaian, dengan membangun jaringan komunikasi dan silaturahim antar pelajar . 3. Menjauhi narkoba, memerangi pornografi dan menjaga kebersihan kota Jakarta”

Walikota Jakarta H. Burhanuddin dalam pengarahannya menyatakan prihatian meningkatnya tawuran di wilayah DKI Jakarta. Mewabahnya tawuran bukan hanya di Jakarta tapi juga ada di luar Jakarta. Kita harus bersama-sama meningkatkan langkah persuasif untuk mencegah terjadinya aksi tawuarn agar anak-anak kita menjadi anak-anak masa depan Indonesia. “Agar Indonesia memiliki generasi muda masa depan yang baik dan SDM yang mampu berdaya saing dengan bangsa lain,” ujarnya.

Walikota juga mengajak kalangan pelajar untuk dapat menjaga kebersihan lingkungan karena banyak kelakuan warga Jakarta yang tidak peduli dengan lingkungan seperti membuang sampah sembarangan, memasang atau menempel iklan-iklan sedot wc, cuci sofa , service ini itu di tiang-tiang listrik, tembok dan lainnya.” Padahal ada Perda 11 tahun 1980 tentang ketertiban umum,” kata Walikota.

Dandim 0503 Jakarta Barat, Letkol Inf. Suwarno mengajak kalangan pelajar di Jakarta Barat berprestasi seperti pelajar SMK Solo dengan mobil SMKnya yang dapat mengantarkan Walikota Solo Jokowi menjadi Gubernur DKI. ” Jadikan slogan pelajar pintar adalah pelajar tak tawuran,” kata Dandim.

Kasatbimas Polres Jakarta Barat, Suradi mengajak pelajar untuk turut serta menjaga ketertiban ibukota. Kalau ingin jadi jagoan di markas bukan di jalanan. Tingkatkan kegiatan olahraga tapi jangan jadi petarung di jalanan tidak ada artinya karena yang menang dan kalah sama saja. Yang kalah bisa meninggal dunia dan yang hidup bisa tersangut perkara, ujarnya.

Kepala Suku Dinas Pendidikan Menengah (Dikmen) Jakarta Barat, Slamet Widodo mengatakan kegiatan tersebut diikuti 1000 orang terdiri dari 400 pelajar yang mewakili 200 SMA dan SMK di Jakarta Barat dan 600 lainnya terdiri dari para Kepala Sekolah, guru pembimbing, orangtua murid dan undangan.

Acara itu dihadiri juga Asisten Intel Kejari Jakarta Barat mewakili Kakejari Jakarta Barat, Asisten Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) Pemkot Administrasi Jakarta Barat, Darma Sembirng, para Kepala Suku Dinas, Kantor, Bagian, Camat dan undangan lainnya. (HW)

1 thoughts on “Antisipasi Tawuran Ratusan Pelajar SMA dan SMK Lakukan Ikrar Perdamaian

Tinggalkan komentar